Selasa, 19 Oktober 2010

Pengantar Bisnis "Pokok Pembahasan 1" Ruang Lingkup Bisnis

 IRMA DWI WIRANTI
 1EB06
 29210039



BISNIS


1. Pengertian Bisnis Dan Jenisnya


- Bisnis adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan instituasi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari - hari untuk memuaskan kehidupan masyarakat, seperti primer,sekunder, dan tertier, serta bertujuan untuk memperoleh keuntungan melalui berbagai transaksi jual - beli.
- Macam - macam kegiatan bisnis seperti, jual beli barang dan jasa, jual - beli saham, tawar - menawar yang dapat memberikan keuntungan bagi produsen dan memberikan kepuasan bagi konsumen. 

2. Tujuan Kebijakan Bisnis
1. Tujuan Ekonomi
     Dimana setiap perusahaan akan memproduksi barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dari trnsaksi jual - beli serta untuk meningkatkan taraf hidup, kecerdasan, kesejahteraan masyarakat yang semakin adil dan merata
2. Tujuan Sosial
     Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang terpenuhi dari kebutuhan dan keinginan yang dibutuhkan dalam sehari - hari walaupun terkadang keinginan tak terbatas sehingga manusia berusaha untuk bekerja keras untuk menghidupkan keluarga.

3. Sistem Perekonomian Dan sistem Pasar
    A . Jenis Sistem Perekonomian  
        - Sistem Perekonomian Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan jual - beli barang dan sebagainya.
         - Sistem Perekonomian Sosialisme adalah sistem perekonomian yang memberkebebasan secara penuh dengan campur tangan pemerintah.
         - Sistem Perekonomian Komunisme adalah sistem ekonomi dimana pemerintah sebagai pengatu seluruh sumber - sumber kegiatan perekonomian.
         - Sistem Perekonomian Merkantilisme adalah suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional tujuannya untuk memperoleh aset dan modal yang dimiliki negara.
     B. Sistem Pasar
         - Sistem Pasar Bebas adalah cara yang terbaik dalam sistem perekonomian.
         - Sistem Pasar Monopoli adalah sistem yang dapat menyebabkan kegagalan.
         - Sistem Kartel adalah tidak beda jauh dengan sistem pasar monopoli.

 4. Kesempatan Bisnis
     yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan konsumen, menjual keunikan, dan memberi fasilitas tambahan.

5. Unsur - Unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi
     Dalam aktivitas ekonomi setiap orang ada yang berjualan barang - barang yang dibutuhkan para konsumen dan juga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan bagi yang ingin memperbaiki mobil atau motor ( bengkel).

6. Hakikat Bisnis
     Dalam mempelajari bisnis para konsumen harus ada penampilan yang berbeda, sehingga konsumen yang datang mendapat pencerahan secara baik, serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

7. Mengapa Belajar Bisnis
     Karena dengan kita belajar bisnis dan mengerti bebagai kegiatan bisnis maka kita bisa atau dapat dengan mudah menjalankan suatu usaha sehingga kita dapat memperoleh keuntungan dengan trik - trik dalam menjalani usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar