Kamis, 16 Desember 2010

Pengantar Bisnis " Bank Dunia "


Irma Dwi Wiranti
1EB06
29210039


JAKARTA — Bank Dunia tengah menyoroti aliran modal yang masuk ke Indonesia sepanjang tahun 2010. Aliran modal banyak yang masuk, terutama aliran pada portofolio disebabkan oleh tingginya yield (pendapatan) Indonesia.

Hal ini menyebabkan menguatnya prospek pertumbuhan dan peningkatan kelayakan kredit dibandingkan ekonomi-ekonomi negara dengan penghasilan yang lebih tinggi. Dalam release Bank Dunia, aliran modal masuk tersebut membawa manfaat bagi perekonomian Indonesia, seperti menurunkan biaya pendanaan. Sementara meningkatnya permintaan dari pasar-pasar kekuatan ekonomi baru (terutama Cina) bersama dengan ekspansi moneter di Amerika Serikat dan negara-negara lain juga telah membantu mendorong harga-harga komoditas non-energi naik, termasuk harga bahan pangan dan bahan baku.

"Tantangannya ke depan adalah bagaimana untuk memaksimalkan kesempatan-kesempatan yang muncul sebagai akibat tingginya aliran masuk modal dan harga komoditas, disamping juga mengelola resikonya," kata ekonom utama Bank Dunia untuk Indonesia, Shubham Chaudhuri pada wartawan di Jakarta, Kamis (16/12).

Bank Dunia menilai pertumbuhan di Indonesia yang melambat pada triwulan III, umumnya karena faktor-faktor domestik seperti gangguan yang berhubungan dengan cuaca terhadap pertanian, pertambangan dan penggalian. Sebagai akibatnya, Bank Dunia sedikit merivisi turun ramalan pertumbuhan tahun 2010-nya sebesar 0,1 poin persentase menjadi 5,9 persen.

Goncangan pasokan pertanian dan meningkatnya harga komoditas juga mempengaruhi harga bahan pangan domestik, sehingga berkontribusi terhadap peningkatan inflasi pada bulan November.
Sementara melihat ke tahun 2011, tren-tren positif dalam investasi dan kekuatan konsumsi swasta diperkirakan akan berlanjut. Bank Dunia juga meramalkan adanya penguatan tipis pertumbuhanekonomimenjadi6,2persen.

Pada jangka menengah, untuk mencapai sasaran pertumbuhan sebesar 7 persen yang ditetapkan oleh Pemerintah, Bank Dunia menilai bahwa Indonesia harus melakukan investasi pada prasarana kritis dan kegiatan ekonomi yang menciptakan lapangan kerja. APBN 2011 yang baru disahkan adalah suatu langkah positif dengan peningkatan alokasi belanja modal. Begitu juga dengan upaya-upaya tambahan untuk menangani rintangan-rintangan pencairan anggaran belanja.

Sementara Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Stefan Koeberle, menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih cepat lagi bila sistem investasi Indonesia memiliki kepastian dan konsistensi. Selain itu, infrastruktur di Indonesia saling terintegrasi antarpulau dan antara Indonesia dengan dunia internasional.

"Melangkah ke depan, Indonesia dapat membuat pertumbuhan menjadi lebih inklusif dengan kebijakan-kebijakan yang mengatasi kerentanan terhadap kemiskinan dan meningkatkan akses terhadap layanan dasar," kata Stefan Koeberle.(afz/jpnn)

Sumber : www.JPNN.com EKONOMI - MAKRO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar